Phone: 085640679592
Email: cv.bloramustikair@gmail.com
Opening: 08AM - 03PM
  • Andre Yansyah
  • May 10, 2021
  • 0 comments

Membangun Pondasi Bor Pile Menggunakan Metode Basah

Bore Pile adalah salah satu metode dalam pembuatan pondasi rumah menggunakan teknik pengeboran dan pengecoran. Salah satu tekniknya adalah dengan menggunakan metode bor basah dimana penggunaan air berperan dalam prosesnya.

Bore pile kini menjadi suatu hal yang tren dikalangan pemborong dan masyarakat, selain adanya ketidakstabilan iklim yang ada di Indonesia, banyaknya gempa yang bisa datang sewaktu – waktu membuat banyak masyarakat menerapkan pembangunan pondasi rumah menggunakan pondasi bore pile.

Dalam pelaksanaannya, terdapat dua cara yang bisa digunakan, bisa dengan cara kering atau bor kering dan juga cara basah atau bor basah. Berikut adalah beberapa uraian mengenai mekanisme dalam membangun pondasi bore pile menggunakan metode basah.

Proses Pengeboran

Pada proses pengeboran terutama pada lubang bor pile basah, tanah akan dibor dengan menggunakan mata bor cross bit ex design sesuai dengan kebutuhan dari teknisi. Dalam peluruhan atau pengikisan tanah, pengeboran dibantu dengan menggunakan tembakan air dari batang pipa bor yang dihasilkan dari pompa air.

Tahap Pembersihan

Setelah pengeboran telah selesai, langkah selanjutnya dalam membangun pondasi bore pile menggunakan metode basah adalah melakukan pembersihan lubang bor pile dari lumpur pekat. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang dirancang sesuai dengan diameter lubang bor yang sebelumnya telah dibentuk.

Pemasangan Besi Beton & Pipa Tremi dan Pengecoran

Langkah selanjutnya adalah memasang kerangka besi tulangan yang sebelumnya telah dipersiapkan. Meskipun 65% proses pembangunan pondasi bore pile ini telah tercapai, proses ini perlu ketelitian dan profesionalitas yang tinggi dari para teknisi.

Setelah kerangka besi dimasukkan, kemudian pipa tremi dimasukkan kedalam lubang sesegera mungkin.

Kemudian tahap yang terakhir adalah tahap pengecoran dengan mengecor dimulai dari dasar lubang dengan menggunakan prinsip mendorong lumpur atau air yang ada dibawah lubang menuju keluar pipa tremi.

Membangun pondasi bore pile banyak digandrungi karena kepraktisannya dan proses pembuatannya yang tidak menimbulkan efek yang berlebihan serta harga yang lebih relatif murah.